Friday, August 14, 2009
Pernikahan Beda Agama
Cinta itu buta…. Begitulah istilah klise yang sering kita dengar…. Karena buta, maka panah sang cupid terkadang sering salah sasaran tanpa mengindahkan warna kulit, suku bangsa, ras hingga agama. Sering kita dengar teman-teman dekat kita curhat karena hubungannya tak disetujui oleh ortu karena beda suku atau agama.

Jika perbedaan itu hanya di suku atau ras mungkin tak terlalu merepotkan kedua belah pihak. Toh acara adat upacara pernikahan bisa dilangsungkan dua kali untuk menghormati kedua keluarga. Namun bagaimana jika hubungan cinta terhalang oleh perbedaan agama. Tentu suatu keputusan yang sangat sulit jika salah satu pihak harus mengikuti agama pasangannya sedangkan dalam hati kecilnya tetap tak menginginkan hal itu. Cinta sih cinta….tapi apakah harus mengorbankan agama??????

Beberapa diantara-nya dengan berat hati akhirnya memutuskan hubungan cinta itu, ada juga yang dengan rela (rela gak sih sebenernya??????) salah satu pihak mengikuti agama calon pasangannya. Namun sebagian ada yang memilih jalan yang terbaik dengan menikah beda agama…

Namun….selama Indonesia masih menganut UU Perkawinan nomor 1 tahun 1974, tidak akan pernah bisa menikah secara sah di muka hukum di Indonesia. Dan kalaupun menikah di luar Indonesia, harus langsung didaftarkan di catatan sipil di Indonesia kalo tidak didaftarkan maka pernikahan itu tidak akan diakui di Indonesia.

Terus gimana dan apa syaratnya jika kita hendak menikah di luar negri ?
Ambil contoh jika kita menikah di Singapura. Prosesnya tidaklah sulit….Calon pengantin hanya harus stay minimal 15 hari berturut-turut, kemudian baru mendaftar di Register of Married (ROM) yang terletak di Canning Rise. Setelah di proses selama 23 hari, barulah kita bisa menentukan hari pernikahan kita, namun calon pengantin bisa bolak-balik ke negara-nya selama masa tunggu 23 hari tersebut.

Di Singapure, kita bisa menggunakan jasa WO/EO setempat, atau langsung/sendiri dengan biaya yang lebih murah sekitar 225 SGD, jika jadwal-nya full kemungkinan akan terdaftar 3-4 bulan ke depan. Salah satu EO yang recommended adalah “Love That Bind” @ Cherish Suite, yang dapat mengatur jadwal untuk sumpah pra nikah dan ada teks-nya (pilihan dalam bahasa Cina or Inggris). Disana kita bisa memilih tanggal pernikahan dan lebih feksible. Yang dibutuhkan hanya passport kedua pasangan dan minimal 2 witness. Bisa juga kita arrange di hotel, resto atau gedung lainnya dengan biaya kira-kira 400 SGD/paket makan sekeluarga + bunga.

Proses ini hanya berlaku untuk Solemnise (tidak termasuk resepsi-nya) dan status certificate-nya valid International.


Lumbung Zeta Party Planner

Labels: , ,

posted by Erwin Sofyan @ Friday, August 14, 2009  
2 Comments:

Post a Comment

<< Home
 
 
About Me
Articles
Archives
Lumbung Zeta
LUMBUNG ZETA PARTY PLANNER...... dengan moto “A friend to share your dream” kami hadir sebagai sahabat untuk mewujudkan mimpi-mimpi tentang sebuah pesta dihari special anda… Kami juga melayani kota-kota besar selain di Jakarta, antara lain Bandung, Semarang, Jogja, Surabaya, dan Bali
Links
Free Blogger Templates